UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

Untan Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University
Untan Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

Membangun Ekosistem Digital dalam pengembangan dan pemanfaatan Teknologi Informasi di Era Revolusi Industri 4.0 sangat penting yang nantinya bertujuan untuk membangun Cyber University di Indonesia, terutama pada sektor pendidikan karena merupakan salah satu faktor terpenting dalam pembangunan berkelanjutan.

Karena data BPS menunjukan bahwa Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Indonesia pada tahun 2019 mencapai 71,92 pada tahun 2019, IPM menitik beratkan kepada sektor pendidikan, dalam artian semakin tinggi tingkat pendidikan maka akan berdampak kepada meningkatnya Indek Pembangunan Manusia yang bermuara pada kesejahteraan.

Pendidikan merupakan salah satu faktor terpenting dalam pembangunan berkelanjutan. Pengabaian terhadap sektor pendidikan akan berakibat fatal begi pembangunan berkelanjutan dan pendidikan juga merupakan proses yang berkesinambungan yang mencakup seluruh aspek kehidupan masyarakat, termasuk aspek sosial, ekonomi, politik budaya atau kultural yang mengedepankan tujuan peningkatan kesejahteraan bangsa.

Untan Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

Membangun Ekosistem Digital bukanlah barang yang mudah namun bukan juga tidak mungkin untuk mewujudkannya, di Era Revolusi Industri 4.0 ini setiap pelaku Industri melakukan perbaikan-perbaikan dari segi Teknologi Informasi karena pada era sekarang ini pasar bebas mulai merajai pergerakan ekonomi dengan pemanfaatan teknologi informasi baik itu pelaku industri komersial, dunia kesehatan, dunia kerja, dan dunia pendidikan, mereka berlomba-lomba untuk membangun ekosistem digital yang berkembang begitu pesatnya.

Melihat fenomena yang ada, Universitas pertama di Kalimantan Barat yang berdiri sejak 1959 ini memberikan kontribusi yang besar terhadap tatanan nilai pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0 dengan membangun Ekosistem Digital untuk mengakselerasi menuju Untan Cyber University.

Sejarah Berdirinya Universitas Tanjungpura

Di Kalimantan Barat terdapat beberapa Universitas dan Perguruan Tinggi baik di pusat kota maupun di tingkat dua, dari beberapa perguruan tinggi tersebut terdapat satu universitas yang berdiri sejak tahun 1959 dan mendirikan dua fakultas pada masanya yaitu fakultas Hukum dan Tata Niaga dan masih merupakan Universitas Swasta yang pertama di Kalimantan Barat.

UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University
UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

Universitas dengan nama Universitas Daya Nasional ini resmi menjadi Universitas Negeri dan berubah nama menjadi Universitas Negeri Pontianak berdasarkan Surat Keputusan Menteri PTIP Nomor 53 Tahun 1963 yang ditandai dengan dibukanya 2 fakultas yaitu Fakultas Pertanian dan Fakultas Teknis serta merubah Fakultas yang awalnya bernama Fakultas Tata Niaga menjadi fakultas ekonomi yang pembukaan dua fakultas tersebut dipelopori oleh Kepala Dinas Pertanian Prov. Kalbar dan Kepala PLN Kalbar saat itu.

Tak sampai disitu dari Universitas Negeri Pontianak berubah lagi menjadi Universitas Dwikora pada tahun 1965 sekaligus membuka Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang dipelopori oleh Kepala Bagian Sosial Politik Kantor Gubernur Prov Kalbar.

Baru pada tahun 1967 Nama Universitas Dwikora dirubah menjadi Universitas Tanjungpura dan melakukan integrasi Fakultas Keguruan dan Fakultas Ilmu Pendidikan menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan hingga sekarang (FKIP).

Sembilan Fakultas di Universitas Tanjungpura

Fakultas Hukum

Fakultas Hukum merupakan Fakultas pertama yang dibuka sejak berdirinya cikal bakal Universitas Tanjungpura bersamaan dengan Fakultas Tata Niaga yang searang menjadi Fakultas Ekonomi.

Pada tahun 2020, Fakultas Hukum ingin menjadi lembaga pusat studi hukum di kalimantan barat, yang menghasilkan sumber daya manusia yang lebih baik yang dapat bersaing di tingkat lokal, regional, nasional, dan internasional. Melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat direncanakan dan melanjutkan, Fakultas Hukum terus menghasilkan lulusan yang baik dengan kompetensi akademik yang tinggi.

Fakultas Hukum mempunyai program studi Bagian Hukum Pidana, Bagian Hukum Keperdataan, Bagian Hukum Tata Negara, Bagian Hukum Ekonomi, Bagian Hukum Internasional

Program Magister, Program Studi Magister Ilmu Hukum (S2) dikelola oleh Ketua dan Sekretaris Program Studi, terdiri atas Konsentrasi Hukum Pidana, Konsentrasi Hukum Bisnis, Konsentrasi Hukum Otonomi Daerah; dan/atau Konsentrasi Lain yang dapat dikembangkan sesuai perkembangan ilmu hukum

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Sama halnya dengan Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Bisnis juga merupakan Fakultas tertua di Universitas Tanjungpura yang saat itu diberi nama Fakultas Tata Niaga. Fakultas Ekonomi terus mengembangkan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di Kalimantan Barat untuk menjadi Pusat Informasi Ekonomi di Kalimantan Barat dan juga menjadi lembaga yang selalu menghasilkan lulusan yang kompeten untuk kondisi ekonomi yang lebih baik di Indonesia.

Sejak berdiri sampai sekarang, FEB terus berkembang (Tabel 1.8).  Bermula dengan dua jurusan yaitu Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan (IESP) dan Jurusan Manajemen (MJ), pada 1995 berdirilah Jurusan Akuntansi (AK) sehingga FEB memiliki tiga jurusan sampai sekarang. Ketiga jurusan tersebut masing-masing memiliki program studi sarjana (Strata-1), magister (Strata-2) dan doktor (Strata-3) kecuali Jurusan Akuntansi yang belum memiliki program studi doktor.

Istilah Program Studi baru dimulai pada 1996. Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan pada mulanya hanya memiliki satu program studi Strata-1 yaitu Ekonomi Pembangunan sementara program studi Ekonomi Islam menyusul pada 2014. Jurusan Manajemen dan Akuntansi masing-masing memiliki  program studi Strata-1 Manajemen dan Akuntansi.

Fakultas Pertanian

Fakultas Pertanian didirikan tanggal 20 Mei 1963 bersamaan dengan perubahan Universitas Daya Nasional menjadi Universitas Negeri Pontianak (UNEP).

Pada tahun 2020, Fakultas Pertanian ingin menjadi pusat teknologi informasi dalam ilmu pertanian. Fakultas Pertanian terus mengembangkan ilmu pertanian lingkungan dan lanjutan di daerah lokal atau nasional serta berkontribusi aktif kepada masyarakat denga terus melakukan inovasi dan implementasi dalam teknologi ilmu pertanian dengan tujuan memajukan bangsa.

Fakultas Pertanian Universitas Tanjungpura sampai saat ini memiliki Jurusan dan Program Studi yang terdiri dari     Jurusan Budidaya Pertanian, Program Studi Budidaya Tanaman Perkebunan (Program D3), Program Studi Agronomi / Agroteknologi, Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan, Program Studi Peternakan, Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan, Program Studi Magister Agroteknologi.

Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian meliputi Program Studi Agribisnis, Program Studi Magister Manajemen Agribisnis (MMA) Sedangkan Jurusan Ilmu tahan mempunyai Program Studi Ilmu Tanah

Fakultas Teknik

Fakultas Teknik terus menghasilkan lulusan yang kompeten untuk kebutuhan lokal dan regional. Fakultas Teknik mendidik mahasiswa untuk memiliki keterampilan yang baik dalam bidangnya, menguasai teknologi, dan mengkontribusikan kreativitas mereka untuk kehidupan sosial guna kemjuan bangsa dan terus mengembangan penerapan ternologi dalam pembangunan.

Fakultas yang memiliki visi untuk menjadi pusat pendidikan tinggi keteknikan dan pusat unggulan ilmiah dalam mengembangkan potensi lokal di Kalimantan Barat yang menghasilkan lulusan yang bermoral Pancasila, berkarater, berwawasan dan berdaya saing nasional, regional dan internasional ini mempunyai 13 Program Studi yaitu: Program Studi Teknik Untan,cArsitektur, Informatika, Perencanaan Wilayah Kota, Teknik Sipil, Magister Teknik Sipil, Teknik Elektro, Magister Teknik Elektro, Teknik Lingkungan, Teknik Industri, Teknik Kelautan, Teknik Kimia, Teknik Mesin dan Teknik Pertambangan.

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura didirikan pada tanggal 14 September 1965, secara kronologis Fakultas ini merupakan Fakultas yang kelima dalam lingkungan Universitas Tanjungpura sesudah Fakultas Hukum, Ekonomi, Pertanian dan Teknik.

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik mempersiapkan lulusan yang kompeten untuk kebutuhan lokal dan nasional. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik pada tahun 2020 ingin menjadi lembaga pusat Politik, Sosial, dan Budaya di Kalimantan Barat khususnya dan Indonesia secara umumnya dengan  tujuan selalu mempertahan kan nilai2 luhur serta aspek aspek sosial dalam kehidupan berpolitik atau sebaliknya.

Fakultas FISIP Untan memiliki Program Studi Strata 1 Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Politik, Ilmu Pemerintahan, Ilmu Komunikasi, Hubungan Internasional, Sosiologi, Pembangunan Sosial, Antropologi dan Strata-2 serta Diploma-3.

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Fakultas Pendidikan dan Pelatihan Guru sebagai lembaga pendidik menghasilkan guru atau pendidik dengan melakukan pendidikan dan penelitian teladan yang berimbang dengan efektif, restrukturisasi, dan sistem deregulasi.Sebagai fakultas dengan mahasiswa terbanyak di harapkan dapat meningkatkan taraf kepedulian terhapap pendidikan masyarakat Kalimantan Barat.

Fakultas Kehutanan

Pada tahun 2020, Fakultas Kehutanan ingin menjadi lembaga unggul di penelitian dan pengembangan ilmu kehutanan yang dapat digunakan untuk pertumbuhan dan kesejahteraan masyarakat. Fakultas Kehutanan juga memproduksi sarjana profesional yang kompeten untuk kebutuhan lokal, nasional, dan internasional.

Fakultas Kehutanan Untan mempunyai visi untuk menjadi Pusat Peyelenggaraan Pendidikan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat yang Unggul Berbasis Sumber Daya Hutan Tropis Untuk Menghasilkan luaran Yang Mampu Bersaing Di Tingkat Nasional, Regional Maupun Internasional.

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Sebuah lembaga ilmu pasti dan ekstensi yang menghasilkan lulusan dengan karakter berkualitas yang mampu bersaing di tingkat lokal, nasional, dan internasional. Kami mendidik, meneliti, dan mengembangkan ilmu pasti dalam lingkungan.Tujuan kami adalah terus berinovasi dan mengembangkan iptek guna kemajuan riset dan teknologi di masyarakat

MIPA mempunyai  Program Magister dengan Program Studi Ilmu Kimia sedangkan untuk Strata-1 Fakultas ini mempunyai program studi Biologi, Fisika, Ilmu Kelautan, Kimia, Matematika, Rekayasa Sistem Komputer, Sistem Informasi, Geofisika dan Statistika.

Dengan mengusung visi Pada tahun 2020 menjadi pusat penyelenggara pendidikan dan pengkajian ilmu dasar dan terapan yang berbasis sumber daya tropis untuk menghasilkan luaran yang berkarakter, dan mampu berkompetisi di tingkat daerah, nasional serta internasional.

Fakultas Kedokteran

Fakultas Kedokteran Untan
Fakultas Kedokteran Untan

Menghasilkan lulusan berkualitas tinggi yang kompetitif dan profesional di regional, nasional, maupun internasional untuk mewujudkan Kalimantan Barat yang lebih baik. Kami membimbing siswa untuk mengembangkan potensi mereka dengan memfasilitasi mereka dengan ilmu pengetahuan dasar dan menyelesaikan penerapan dalam masalah kesehatan. Kami juga mengembangkan pengetahuan profesional dan keterampilan untuk meningkatkan kinerja lulusan.

Fakultas Kedokteran Untan mempunyai visi untuk menghasilkan sarjana dan profesional yang berkualitas tinggi dan non kompetitif di tingkat regional, nasional, dan internasional untuk mewujudkan Kalimantan Barat sehat pada tahun 2020.

Program studi pada Fakultas Kedokteran program studi Strata-1 Kedokteran, Keperawatan, Farmasi serta dilengkapi dengan pendidikan profesi.

Siber Kampus atau Cyber University

Dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi di Era Revolusi Industri 4.0 ini yang hampir sebagian besar dunia Industri telah mengunakan mesin (device) sebagai tenaga menggantikan manusia seperti parkiran mall atau rumah sakit, antar jemput makanan dan minuman, online shop, transportasi dan masih banyak lagi pemanfaatan dari Revolusi Industri tersebut.

Sejak berkembangnya dunia cyber di Indonesia telah banyak yang menggunakan e-learning sebagi media pembelajaran, banyak tugas-tugas kuliah yang menggunakan media surat elektronik untuk menyampaikan kepada dosen serta beberapa universitas telah melakukan video conference dalam proses belajar mengajar namun saat itu masih belum terpusat dan masih terbatas.

Sejak itu lah perkembangan demi perkembangan dengan berbagai riset dan penelitian serta memadukan antara dunia pendidikan dan perkembangan teknologi yang kian pesat munculah istilah baru yang disebut dengan Cyber Campus atau Cyber University (siber kampus) yang bertujuan untuk menjadikan kampus dengan basis komputasi yang ditunjang oleh teknologi informasi yang mencakup semua lini baik dari sistem pembelajaran, fasilitas baik sarana dan prasarana serta menyangkut kurikulum yang ada.

Cyber University dapat diartikan sebagai sebuah “metode dan sistem pembelajaran jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi”, untuk sekarang ini cyber university hanya didominasi oleh perguruan tinggi saja, namun memasuki tahun 2020 dengan adanya wabah covid-19 dunia pendidikan serentak membuat pola pembelajaran jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Sumber: kalbarbisa.com

Selain proses belajar mengajar yang berbasis teknologi, sistem manajeman kampus juga telah disiapkan untuk menyongsong pembangunan Ekosistem Digital Menuju Cyber University seperti presensi secara online, virtu`al library atau perpustakaan online dimana mahasiswa dapat menemukan literatur bukan hanya ditoko buku melainkan mereka bisa berkunjung ke perpustakaan kampus hanya lewat gadget yang disebut smartphone atau perangkat komputer mereka sehingga lebih praktis dan efisien karena semua itu telah hadir dan bisa dinikmati lewat devace yang mereka miliki dimana dan kapan saja.

Peran Untan dalam Cyber University

Sejalan dengan ide tersebut, Universitas Tanjungpura secara kediktoratan sangat mendukung dengan cara memformulasikan UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University yang menjadi tantangan terbesar bagi Universitas dan Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia pada saat sekarang ini.

Berbagai Universitas yang ada di Dunia berlomba untuk membangun Ekosistem Digital seperti Cyber University atau Siber Kampus karena dengan membangun Ekosistem Digital diharapkan mampu bersaing dalam ditaraf Internasional.

Dukungan Pemerintah terhadap Siber Universitas

Beberapa dekade terakhir pendidikan tinggi telah ditempatkan sebagai pemain palig tinggi dalam sistem global. Eksistensi pendidikan tinggi semakin didorong oleh pengetahuan, informasi, dan gagasan. Dengan menjalin kerjasama antara Indonesia dan Korea yang merupakan dukungan kepada perguruan tinggi di Indonesia agar dapat secara bersama sama membangun sumberdaya modal dan manusia serta pemanfaatan teknologi yang semakin hari semakin berkembang secara revolusioner, agar pengetahuan menggantikan sumber daya lain sebagai pendorong utama pertumbuhan ekonomi, dan pendidikan semakin menjadi dasar bagi kesejahteraan individu dan mobilitas sosial maka diluncurkannya Asia Cyber University (ACU) di Indonesia, ini diungkapkan dalam Press Release Kemenristekdikti Nomor: 219/SP/HM/BKKP/X/2019.

Asia Cyber University (ACU) dapat berkontribusi dalam menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang lebih luas serta keberhasilan individu. Hal itu dapat dimulai dengan komitmen penuh untuk memainkan peran kunci dalam menemukan siswa berbakat, terlepas dari latar belakang mereka. Penting untuk memberikan setiap orang kesempatan yang adil – dan peluang terbaik – untuk memenuhi potensi mereka.

Asia Cyber University didukung dengan fasilitas unggulan berupa studio berteknologi terbaik dari Korea untuk melakukan perekaman materi pembelajaran. Pengajar terbaik dari nasional maupun Internasional juga turut didatangkan untuk memberikan materi terupdate dan mumpuni bagi para mahasiswa nantinya.

Tak ketinggalan infrastruktur dan Learning Management System (LMS) yang didesain oleh spesialis dari Korea dan Indonesia dipersiapkan untuk memenuhi kebutuhan konten pembelajaran yang fleksibel dan dapat diakses kapapun dan dimanapun serta tetap memenuhi standar pendidikan nasional dan berorientasi pada standar berkualitas dunia. Asia Cyber University siap berkontribusi terhadap bangsa dan negara.

Untan Menerapkan Layanan Siber Universitas Tanjungpura

Keseriusan Universitas pertama di Kalimantan Barat ini dalam membangun Cyber Campus dibuktikan dengan membentuk tim peningkatan peringkat Kemenristekdikti dan peningkatan peringkat Webometrics dengan mempersiapkan kegiatan yang dimulai pada bulan januari 2020  seperti Peningkatan kinerja kemahasiswaan, Kinerja inovasi, kerja sama perguruan tinggi dan izin belajar, pengelolaan PD Dikti, SIMKeu, Spada dan Shinta.

Sedangkan peningkatan di Webometrics pemeringkatan Universitas di Indonesia, Untan akan melakukan berbagai kegiatan seperti Lomba Blog, Gerakan Dosen ngeblog, peningkatan konten website untan.ac.id, kerjasama pembuatan Web Sekolah, evaluasi dan revitalisasi jurnal mahasiswa, dan pemeringkatan internal dalam menjalankan visi dan misi Universitas kedepan.

Layanan e-Learning Untan

Layanan e-Learning Untan
Layanan e-Learning Untan

E-Learning merupakan suatu proses pembelajaran dengan menggunakan media Gatget atau komputerisasi yang terhubung ke jaringan internet. Proses pembelajaran E-Learing biasanya diakukan dari jarak yang jauh menggunakan koneksi internet dalam pengaplikasianya sehingga guru tidak harus bertatap muka secara langsung dengan peserta didiknya.

Penerapan E-Learning pada satuan pendidikan sudah terbukti dapat memberikan dampak yang positif bagi tumbuh kembang peserta didik. Pasalnya penggunaan E-Learning pada proses pembelajaran dapat mengingkatkan minat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran tersebut. hal ini dikarenankan dalam proses pembelajaran berbasisi E-Learning biasanya di dukung dengan berbagai fitur seperti teks, gambar, animasi, audio, video.

Layanan Repository Digital atau E-library UNTAN

Layanan Repository Digital atau E-library UNTAN
Layanan Repository Digital atau E-library UNTAN

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi berupa internet, telah menunjukkan pengaruh yang luar biasa di setiap sendi kehidupan manusia. Konsep baru  dalam  perpustakaan  yaitu berupa  konsep  Perpustakaan Digital.

Perpustakaan Digital: adalah perpustakaan  dengan atau tanpa lokasi fisik, koleksi digital, ruang dan refernsi maya (Pendit, 2009). Di Perpustakan perguruan tinggi, informasi yang dikelola tersebut dapat berasal dari skripsi mahasiswa, disertasi, maupun karya ilmiah dosen, yang merupakan karya lokal (local contents) sivitas akademika dari perguruan tinggi tersebut. Karya-karya tersebut pada umumnya disebut repository.

Universitas Tanjungpura memanfaatkan teknologi digital untuk melayani mahasiswa dan dosen dalam hal memberikan literatur kepada mahasiswa secara akademik, Perpusatakaan digital Universitas Tanjungpura dilengkapi dengan mesin pencari bedarsarkan kreteria antaralain, judul buku, pengarang, terbitan.

E-library ini bertujuan untuk menumbuhkan minat baca dikalangan mahasiswa untan serta dapat dijadikan literatur dalam proses belajar mengajar.

Layanan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD)

Layanan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD)
Layanan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD)

Sistem informasi akademik atau yang lebih dikenal dengan sebutan siakad adalah suatu sistem yang dibuat untuk mempermudah kegiatan administrasi akademik di kampus, yang mana kesemuanya diatur secara online (daring). SIAKAD meliputi kegiatan yang bersifat administratif di kampus adalah Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), penyusunan kurikulum dan jadwal kuliah, mengisi Kartu Rencana Studi (KRS), mengisi nilai (untuk dosen), mengelola data dosen, karyawan, dan mahasiswa.

Universitas memberikan layanan siakad hingga ke versi mobile yang dikhususkan untuk penggunak android, dengan layanan Sistem informasi Akademik ini dapat membantu Mahasiswa dan Dosen dalam mengurus administrasi yang diperlukan oleh kampus.

Layanan Jurnal Ilmiah

Portal jurnal ilmiah Universitas Tanjungpura
Portal jurnal ilmiah Universitas Tanjungpura

Portal jurnal ilmiah Universitas Tanjungpura ini mendukung penerbitan jurnal berbahasa Inggis yang diterbitkan oleh Departemen Pendidikan Bahasa Inggirs yang merupakan jurnal elektroik dua tahunan dan per-review yang didedikasikan untuk meningkatkan dan menyebarkan karya ilmiah dari teori saat ini dan penelitian di bidang pendidikan bahasa Inggris terutama sebagai bahasa asing konteks.

Jurnal ini bertujuan untuk menyediakan media bagi pendidik bahasa Inggris di tingkat mana pun untuk terlibat. Dengan kata lain, jurnal berfungsi sebagai wahana ekspresi bagi kolega untuk pertukaran informasi dan gagasan di antara para guru profesional di seluruh dunia tentang praktik berbasis penelitian dan teori serta praktik berteori dan penelitian yang berorientasi pada praktik.

Internet Gratis Khusus Mahasiswa Universitas Tanjungpura Menggunakan VPN

Untuk menunjang kegiatan mahasiswa dalam menyukseskan anjuran pemerintah untuk menanggulangi paparan dan sebaran virus covid-19 yang mewajibkan mahasiswa dan dosen menggunakan untuk berinteraksi secara daring (online) dalam proses belajar-mengajar, Untan membangun sebuah server yang dikonfigurasi dengan layanan IM3 dan Server VPN.

Internet VPN Gratis Khusus Mahasiswa UNTAN
Internet VPN Gratis Khusus Mahasiswa UNTAN

Cara mendapatkan Gratis 30GB dari IM3

Buka menu Setting di Smartphone, lalu masuk ke menu Jaringan pilih VPN dan aktifkan dengan konfigurasi Nama Untan, Type: L2TP/IPSec PSK, pilih alamat server: vpn-(a-i).untan.ac.id, Rahasia L2TP: untan2020, Kunci Pra-bagi IPSec: untan2020, Username: NIM Mahasiswa, Password: gunakan password siakad mahasiswa.

Dengan Jaringan im3 mahasiswa bisa menggunakan aplikasi edukasi yang ditetapkan oleh Untan dengan kuota 30GB Gratis.

Program Pelatihan dan Website Sekolah Gratis

UPT. TIK Untan terus berinovasi dan memberikan pelayanan kepada sekolah-sekolah di Kalimantan Barat, Kegiatan yang telah berlangsung pada tahun 2019 ini terus ditingkatkan dan sekarang sudah ada lebih dari 163 website sekolah dibangun.

Program Website Gratis tidak hanya membuat website gratis untuk sekolah-sekolah namun operator dibekali teknik pengembangan website agar dapat memberikan informasi kepada masyarakat mengenai profil sekolah dan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh sekolah.

Aksi Cepat Tanggap Covid-19 Universitas Tanjungpura

Memasuki Awal Maret 2020 Gubernur Provinsi Kalimantan Barat mengeluarakan Surat Edaran (SE) Gubernur Kalbar Nomor 440/0863/ KESRA-B, tentang KLB atau Tanggap Darurat Corona Virus (Covid-19) dimana dengan kejadian ini diminta elemen masyarakat untuk bekerja sama dalam penanganan Bencana Sebaran Virus Corona.

Universitas Tanjungpura merespon edaran gubernur dengan melakukan aksi cepat tanggap yang diantaranya:

Menciptakan Hand Sanitizer Sabrina

Warsidah salah satu dosen di prodi kelautan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Tanjungpura Pontianak berinisiatif bersama beberapa mahasiswa untum membuat Hand Sanitizer sendiri yang diberi nama SABRINA yang diklem ampun untuk membunuh virus, jamur dan bakteri.

Ia mengatakan dirinya berusaha menyiapkan kebutuhan masyarakat di tengah kepanikan wabah pandemi Covid-19.

“bersamaan dengan kelangkaan bahan baku antiseptik dan handsanitizer di toko-toko, kami produksi dengan harga yang masih terjangkau di masyarakat dan sedikit menenangkan masyarakat,” tuturnya.

Menurut Warsidah Perlindungan lapis pertama menangkal Infeksi virus Corona ke dalam badan kita adalah pemakaian handsanitizer formula tepat suai rekomendasi WHO dengan cara pemakaian yang benar.

Menyiapkan Layanan Internet Mudah dan Murah untuk Mahasiswa

internet gratis untan
internet gratis untan

Dalam rangka mendukung proses belajar dari rumah serta membantu mahasiswa untuk memperoleh akses internet yang mudah dan murah, maka UPT. TIK Untan bekerjasama dengan beberapa provider telekomunikasi menghadirkan akses internet untuk mahasiswa. Akses internet ini dapat diakses oleh mahasiswa dari mana saja selama terkoneksi dengan salah satu provider tersebut.

Layanan Internet Mudah dan Murah dilatar belakangi kebutuhan mahasiswa akan internet yang semakin tinggi karena semua proses pembelajaran harus dilakukan secara daring selama penanganan pandemik covid-19.

Jika pada keadaan normal, mahasiswa dapat dengan mudah mengakses layanan internet melalui jaringan yang ada di Untan secara gratis. Namun, karena saat ini mahasiswa sudah dihimbau untuk tidak datang ke kampus maka Untan melalui UPT. TIK diminta untuk dapat menghadirkan layanan internet Untan hingga ke rumah-rumah mahasiswa agar mahasiswa tetap dapat menggunakan fasilitas yang disediakan oleh Untan.

Dalam ujicoba yang dilakukan oleh pihak UPT. TIK dan dibuktikan dengan tidak berkurangnya kuota internet pada saat melakukan akses kuliah daring Untan dan untuk mempermudah proses penggunaan fasilitas internet tersebut,

Menyiapkan Bilik Disinfeksi dan Face shield

Satuan Gugus Penanganan Universitas Tanjungpura (Satgas Untan) penanggulangan wabah COVID 19 telah menyiapkan satu buah bilik disinfeksi untuk Rumah Sakit Pendidikan Universitas Tanjungpura (RSP Untan) yang saat ini menjadi Rumah sakit rujukan penanggulangan pasien penyakit COVID 19.

Bilik disinfeksi Hasil rancang bangun dari Lab Teknik Industri Fakultas Teknik Untan memperhatikan masukan dari sejawat Fakultas Kedokteran Untan dan RSP Untan. Saat ini Lab dan Workshop Fakultas Teknik Untan sedang mempersiapkan bilik disinfeksi berikutnya.

Lab Teknik Mesin dan Lab Digital Control & Conputation juga telah menyiapkan Face shield bagi Kelengkapan Alat Pelindung Diri (APD)  untuk tenaga medis yang menangani pasien Covid-19.

Alamat: Jl. Prof. Dr. H. Hadari Nawawi, Bansir Laut, Kec. Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Kalimantan Barat 78124. Telepon: (0561) 745342. UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

Sumber :

  1. Data IPM Indonesia bps.go.id
  2. untan.ac.id

Recommended For You

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.