Keterlibatan Masyarakat Sangat Penting Dalam Percepatan Penurunan Stunting

by -52 views
Keterlibatan Masyarakat Sangat Penting Dalam Percepatan Penurunan Stunting
Keterlibatan Masyarakat Sangat Penting Dalam Percepatan Penurunan Stunting

PONTIANAK, SP – Plt Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kalbar Muslimat menilai keterlibatan masyarakat dalam upaya percepatan penurunan stunting sangat penting. Disamping itu kolaborasi antara pemerintah dari tingkat pusat, provinsi, kabupaten kota, kecamatan hingga desa atau kelurahan juga sangat diperlukan.

Hal tersebut diungkapkannya saat pembukaan sosialisasi program Bangga Kencana dan percepatan penurunan stunting bersama mitra kerja oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Provinsi Kalbar di Kabupaten Landak pada Sabtu (23/4).

“Penurunan prevalensi stunting tidak mudah, namun kami yakin dan percaya angka stunting dapat diturunkan menjadi 14 persen, dibutuhkan kerjasama dan kolaborasi semua komponen,” ucap Plt Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalbar Muslimat.

Seperti diketahui berdasarkan hasil Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) 2021 angka stunting Kalbar masih sebesar 29,8 persen. Sementara untuk Kabupaten Landak angka stuntingnya masih berada pada angka 27,8 persen.

Muslimat menjelaskan dalam upaya percepatan penurunan stunting Presiden telah menunjuk BKKBN sebagai koordinator sesuai Perpres nomor 72 tahun 2021. Kemudian ditindaklanjuti dengan pembentukan tim percepatan penurunan stunting dari tingkat pusat, provinsi, kabupaten kota hingga desa.

Ia menyebutkan dalam upaya penurunan stunting BKKBN juga membentuk tim pendamping keluarga yang terdiri dari bidan, PKK dan kader desa. Dengan tugas dan fungsi melakukan penyuluhan, fasilitasi pendampingan kepada sasaran yakni calon pengantin, ibu hamil, ibu yang memiliki bayi dibawah dua tahun.

“Kita juga berupaya memberikan atau mengarahkan jika ada bantuan sosial untuk keluarga kurang mampu,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.