Yanieta Arbiastutie : Penanganan Stunting Merupakan Program Strategis TP PKK

by -51 views

Permasalahan stunting atau anak kurang asupan gizi ini berpotensi mengganggu SDM (sumber daya manusia) di masa depan. Generasi bangsa harus dipersiapkan dari sekarang untuk memiliki kesehatan dan daya saing tinggi sehingga terciptanya generasi emas

Tim Penggerak PKK sejatinya sebagai mitra kerja Pemerintah mendapat amanat dan tanggung jawab untuk berpartisipasi aktif dalam percepatan penurunan angka stunting

Kota Pontianak angka Stunting nya menyamai nasional 24,04 persen, “Untuk penanganan Stunting, ini merupakan program Strategis yang harus dilaksanakan Tim Penggerak PKK baik dari pusat maupun sampai di daerah”, disampaikan Ketua Tim Penggerak PKK Kota Pontianak,Yanieta Arbiastutie saat menerima audiensi Plt Kepala Perwakilan BKKBN Kalbar, Muslimat di Aula Rumah Dinas Walikota Pontianak, Senin 14 Februari 2022.

Lebih lanjut, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Pontianak menambahkan, “Ini salah satu tugas Tim Penggerak PKK untuk meminimalisir Stunting yang ada di Kota Pontianak, Kami sudah berkomitmen dengan BKKBN dan instansi terkait lainnya akan membuat Tim Penanganan Stunting yang ada di Kota Pontianak dan nantinya tim itu terdiri dari para kader, baik tim Pendamping Keluarga yang sudah terbentuk maupun kader yang belum terlibat dalam penanganan Stunting, Kami akan mendorong semua Kader agar berperan aktif dalam penanganan Stunting ini, Kata Yanieta.

Stunting adalah ketika balita lebih pendek dari standar tinggi badan seumurnya. Hampir 9 juta atau lebih dari 1/3 balita di Indonesia mengalami Stunting.

Stunting disebabkan kekurangan gizi dalam waktu yang lama pada 1.000 hari pertama kehidupan.

“Kami berharap di Kota Pontianak termasuk zona aman Stunting, paling tidak angkanya bisa mendekati target nasional”,Harap Yanieta Arbiastutie.

Disisi lain, Plt Kepala BKKBN Kalbar, Muslimat dalam pertemuan dengan Ketua TP PKK Kota Pontianak selain menyampaikan program Stunting, juga di sampaikan perkembangan program Bangga Kencana.

Tutut hadir dalam pertemuan ini Koordinator Bidang KSPK, Aulia Arief dan Anggota TP PKK kota Pontianak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.