Seleksi Tahap Awal Calon DUTA MAHASISWA GENRE KALBAR 2015

by -51 views

seleksi-dumas-kalbar-2

#KalbarBisa Peserta Calon Duta Mahasiswa (DUMAS) Generasi Berencana BKKBN Provinsi Kalimantan Barat hari ini, 24 April 2015 Bertempat di Aula Kencana Perwakilan BKKBN Provinsi Kalbar, mengadakan seleksi tahap pertama yang di ikuti oleh 78 peserta se Kalimantan Barat, para peserta mengikuti tes seleksi tahap awal. Seperti tahun-tahun sebelumnya, pemilihan Dumas GenRe tahun ini dilakukan untuk mencari figur fasilitator dalam rangka meningkatkan sosialisasi dan promosi program GenRe, khususnya pengembangan PIK mahasiswa sebagai wadah pelayanan informasi dan pelayanan konseling bagi mahasiswa. Dumas GenRe ini nantinya diharapkan dapat berperan mensosialisasikan dan mempromosikan program GenRe di lingkungan kampus. Hal ini dirasakan akan lebih efektif mengingat komunikasi yang terjalin dilakukan dengan pendekatan dari, oleh, dan untuk mahasiswa, sehingga menjadi ramah mahasiswa.

seleksi-dumas-kalbar

Menurut Kepala Bidang KS/PK perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Barat, Ir. Aulia A. Arief, M.Si, tes yang dilakukan pada hari ini merupakan satu dari enam tahapan yang harus mereka lewati untuk mewakili Kalimantan Barat dalam seleksi Duta Mahasiswa tingkat Nasional 2015 bulan September nanti. Aulia menjelaskan bahwa rangkaian yang harus dilalui oleh peserta untuk lolos ke tingkat nasional, diawali dari proses pendaftaran termasuk seleksi administrasi, selanjutnya peserta mengikuti tes awal. Dari 78 peserta nantinya akan dipilih 30 peserta atau 15 pasangan yang lolos untuk mengikuti tahap berikutnya. Tahap seleksi berikutnya adalah aksi, kunjungan, dan bulan bakti Duta Mahasiswa Genre yang rencananya dilaksanakan pada bulan Mei sampai Juli 2015. Bulan bakti sendiri diisi dengan melakukan kunjungan ke panti jompo, lapas anak, kantor walikota, sekolah autis, sekolah-sekolah dan juga dalam kegiatan Car Free Day di jalan A. Yani Pontianak. Setelah proses tersebut, peserta harus menjalani karantina yang selanjutnya akan dilakukan grand final tingkat provinsi pada Agustus mendatang.

seleksi-dumas-kalbar-3

Kegiatan seleksi awal Duta Mahasiswa Genre 2015 tingkat Provinsi ini diselenggarakan bekerja sama dengan Forum PIK Kalbar Asmara Khatulistiwa yang diketuai oleh Juwarno. Juwarno mengatakan bahwa dalam seleksi awal ini, peserta diberikan beberapa pertanyaan seputar remaja dan permasalahannya, misalnya tentang pengertian Generasi Berencana, pengertian NAPZA dan contohnya, kapan usia ideal pernikahan, pengetahuan tentang bagian-bagian organ reproduksi termasuk ciri-ciri pubertas, serta pertanyaan tentang keluarga dan fungsi keluarga itu sendiri.

Menurut Veronika Shelfa Sihombing yang ikut dalam seleksi tersebut, dirinya ikut berpartisipasi dalam seleksi Duta Mahasiswa GenRe 2015 ini agar jika dia terpilih nantinya bisa turut berperan dalam mensosialisasikan Program GenRe dan juga meminimalisir pergaulan remaja yang saat ini cenderung memprihatinkan. “Kalau kita lihat sekarang kan banyak sekali remaja yang terlibat dalam penyalahgunaan narkoba, atau remaja yang sebenarnya belum saatnya punya anak tetapi sudah pada hamil akibat seks bebas”, ungkap Veronika. Selain itu, Veronika juga ingin sekali berbagi pengalaman, berbagi pengetahuan kepada sesama remaja khususnya mahasiswa.

Penulis: Tanto Kusworo

Publish: Fadli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.