Pusdiklat BKKBN membangun system edukasi menggunakan E-Learning

Pusdiklat BKKBN membangun system edukasi menggunakan E-Learning
Pusdiklat BKKBN membangun system edukasi menggunakan E-Learning

Pusat Pendidikan dan Pelatihan di lingkungan BKKBN terus berinovasi dalam memberikan layanan peningkatan kopetensi sumber daya manusia baik itu bagi internal bkkbn maupun stakeholdernya.

Program BKKBN

Tahun 2020 BKKBN dibawah kepemimpinan Hasto Wardoyo memberikan sentuhan perubahan mulai perubahan tagline yang semula tagline dua anak cukup, berubah menjadi Berencana itu Keren, perubahan logo bkkbn dan perubahan nama program yang dikemas dalam wadah yang baru yaitu Pembangunan Keluarga, Kependudukan, Keluarga Bencana yang disingkat Banggakencana namun pada prinsipnya semua perubahan lebih mendekatkan pada generasi milenial.

Selain itu Sistem Edukasi juga menggunakan dengan system digital dengan dibangunnya E-learning menggunakan Content Management System Moodle yang bisa memberikan layanan pelatihan dan pengembangan melalui cyber digital atau daring.

Baca juga: Untan Membangun Ekosistem digital menuju Cyber University

Edukasi dengan e-Learning

E-Learning merupakan suatu proses pembelajaran dengan menggunakan media Gatget atau komputerisasi yang terhubung ke jaringan internet. Proses pembelajaran E-Learing biasanya diakukan dari jarak yang jauh menggunakan koneksi internet dalam pengaplikasianya sehingga guru tidak harus bertatap muka secara langsung dengan peserta didiknya.

Di Indonesia sendiri pengaplikasian E-Learning sudah banyak di terapkan di berbagai tingkat satuan pendidikan baik negeri maupun swasta. Bukan hanya pada perguruan tinggi, saat ini penerapan E-Learning sudah merambah hingga ke tingkat pendidikan SMA bahkan hingga SMP bahkan saat terjadinya wabah covid-19 siswa sd dilengkapi dengan metode pembelajaran online seperti ruang guru dan ilmu pedia dan tak sedikit sekolah sekolah menggunakan google class room sebagai sarana edukasi.

Penerapan E-Learning pada satuan pendidikan sudah terbukti dapat memberikan dampak yang positif bagi tumbuh kembang peserta didik. Pasalnya penggunaan E-Learning pada proses pembelajaran dapat mengingkatkan minat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran tersebut. hal ini dikarenankan dalam proses pembelajaran berbasisi E-Learning biasanya di dukung dengan berbagai fitur seperti teks, gambar, animasi, audio, video.

Sumber: bangfad.com

 

Recommended For You

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.