Penanganan Stunting Dilakukan Secara Terintegrasi

by -33 views
Penanganan Stunting Dilakukan Secara Terintegrasi

SANGGAU, – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sanggau Kukuh Triyatmaka mengungkapkan dalam upaya percepatan penurunan stunting tidak bisa hanya dilakukan oleh pemerintah saja. Melainkan harus ada dukungan dan keterlibatan semua pihak termasuk masyarakat dalam upaya percepatan penurunan stunting.

Hal tersebut diungkapkan Sekda Kabupaten Sanggau Kukuh Triyatmaka saat membuka sosialisasi program Bangga Kencana dan percepatan penurunan stunting bersama mitra kerja oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Provinsi Kalbar pada Kamis (21/4).

“Kabupaten Sanggau telah bergerak secara terintegrasi dan konvergensi dalam upaya penanganan stunting,” ucap Sekda Kabupaten Sanggau Kukuh Triyatmaka.

Dirinya menyebutkan dalam upaya percepatan penurunan stunting berbagai langkah terintegrasi telah dilakukan. Bahkan menurutnya di Kabupaten Sanggau telah diterbitkan Peraturan Bupati nomor 38 tahun 2021 tentang penurunan stunting terintegrasi. Serta surat keputusan Bupati 2021 tentang penetapan 76 lokus stunting Kabupaten Sanggau.

Ia mengungkapkan faktor geografis juga sangat berpengaruh dalam percepatan penurunan stunting. Terlebih Kabupaten Sanggau memiliki luas yang sama besar dengan Provinsi Banten. Sehingga dalam perencanaan pembangunan menjadi keterbatasan termasuk untuk penyediaan air bersih.

“Ini menjadi tantangan kita untuk mewujudkan pola hidup masyarakat yang baik dan benar,” jelasnya.

Kukuh menuturkan dalam upaya percepatan penurunan stunting tidak hanya berbicara terkait angka. Namun menurutnya yang harus diperhatikan yakni dalam perencanaan kehidupan kedepan dengan kualitas yang lebih baik. Sehingga generasi penerus yang baik bisa diwujudkan ditengah masyarakat.

“Pemerintah berupaya maksimal dalam mewujudkan generasi yang akan menjadi pengganti kedepan agar kualitasnya bagus secara fisik dan rohani,” tuturnya.

“Kita bahu membahu agar bisa mewujudkan generasi penerus dengan kualitas yang baik, itu semua tergantung kita saat ini,” pungkasnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.